Powered by Blogger.

Tips Mempercepat Janin Masuk ke Rongga Panggul

Thursday, August 9, 2018

Kapan kepala bayi semestinya masuk ke sisi pintu atas panggul (=PAP)? Pertama mesti diluruskan dahulu pemahaman kepala masuk. Bukan berati kepala telah pada bagian bawah. Masuk di tempat ini dalam bhs medisnya " engage " atau past tense lebih pas " engaged ". Kata bendanya " engagement " (juga bisa berarti : tunangan ya). Jadi kepala bayi yang telah di bawah belumlah pasti engaged. Engagement bila sisi kepala yang sangat lebar yaitu diameter biparietal (BPD) telah melalui pintu atas panggul (pelvic inlet) lihat gambar berikut ini.
PAP adalah bagian pada sisi atas tulang kemaluan (simfisis) serta ujung tulang belakang yg sejajar (promontorium). Pada gambar tampak garis berpanah hitam merupakan BPD sedang garis satunya lagi merupakan PAP. Gambar yang kiri garis panah hitam masih tetap ada di atas garis PAP berarti kepala belumlah engaged. S Gambar yang kanan demikian sebaliknya. Saat ini telah jelas manakah kepala yang telah masuk serta manakah yang belumlah. Bahakan ada kepala yang sangatlah masuk hingga bila dicheck dalam (VT=Vaginal Touche) kepala akan teraba dekat sekali. Istilahnya deeply engaged.

Seputar satu sampai empat minggu sebelum hari-H persalinan, Anda mulai bisa rasakan bayi berjalan lebih aktif. Ini karena bayi tengah berupaya memutar tubuhnya untuk menempatkan kepala yang semula diatas, supaya ada dibawah mendekati vagina. Gerak bayi yang turun turun ke panggul ini dimaksud dengan dropping atau lightening, mengisyaratkan ia telah siap untuk menegur dunia. Teliti disini seperti apakah pertanda bayi akan lahir kurun waktu dekat.
Kapan bayi mulai berjalan turun ke panggul?

Selama saat kehamilan, tempat bayi meringkuk dengan kepala ke arah atas dekat dada ibu serta kakinya dibawah. Beberapa bayi dapat dalam tempat melintang — tegak lurus dengan jalan lahir.

Semuanya merupakan hal yang lumrah serta tidak membahayakan, karena bayi bisa berjalan untuk memutar posisinya supaya bisa menyembul keluar dengan kepala terlebih dulu. Bayi akan mulai berjalan berputar-putar turunkan kepalanya sampai ke daerah panggul ibu, serta pada akhirnya ada di daerah tulang kemaluan Anda.

Pergerakan dropping atau lightening ini biasanya mulai berlangsung pada trimester ke-3 kehamilan, di seputar bulan ke-7 (minggu 34-36 kehamilan). Akan tetapi pada umumnya wanita hamil, gerak sebagai sinyal bayi akan lahir ini dapat mulai tampak beberapa saat sebelum persalinan.

Pada kehamilan kembar, gerak bayi mungkin saja dapat berlangsung bertambah cepat karena tempat salah satunya bayi telah ada lebih rendah di perut sang ibu. Untuk calon ibu pertama, penurunan ini mungkin saja berlangsung di beberapa detik akhir mendekati persalinan atau malah waktu persalinan diawali.

Kapan saatnya kepala masuk? Hasil searching dengan kata kunci (keyword) " baby's head engagement " saya dapatkan umur 33-34 minggu kepala telah mulai kebawah bukan enganged (dari komunitas diskusi yang kurang ilmiah). Dari buku teks kepala sebenarnya engaged berlainan pada hamil 1 (primigravida) atau 2 selanjutnya (multigravida). Pada primigravida engagement berlangsung ketika umur kehamilan ≥38 minggu. Sedang pada multigravida kepala biasanya baru engaged ketika persalinan.

Karena itu pada primigravida harus dikerjakan kontrol panggul waktu umur kehamilan 38 minggu (itu kata buku teks) dengan di VT. Buat wanita hamil tentu tidak nyaman. Dengan praktis-nya dokter kandungan akan lakukan kontrol dengan selektif saja. Selektif pada ibu pendek (TB kurang 145 cm) atau bila TB ibu normal bayinya besar (tidak seimbang kepala panggul=CPD=Cephalo-Pelvic Disproportion). Jika yang dua masalah ini ingin tidak mau mesti ingin ya... untuk kebaikan mom and baby.

Langkah lainnya yaitu dengan meraba dari luar atau mungkin dengan kontrol rontgen (pelvimetri). Lihat gambar berikut ini : nama pemeriksaannya Leopold. Fungsinya untuk mengecek tempat janin serta apa kepala telah masuk ataukah tidak. Gambar C adalah kontrol untuk mengecek apa kepala telah masuk PAP.

No comments:

Post a Comment

 

Popular Posts

Tags