Powered by Blogger.

Cara Menghindari Induksi dalam Persalinan

Wednesday, July 25, 2018



Salah satunya keadaan kehamilan yang tidak normal merupakan sekurang-kurangnya air ketuban. Hal seperti ini membuat perut ibu hamil (bumil) merasa sakit bila janin bergerak.

dr Tirsa Verani, SpOG dari Brawijaya Women and Children Hospital menyampaikan ada sekian banyak karena kenapa air ketuban bumil dikit. Karena pertama, dapat berlangsung karena keputihan yang umum berlangsung pada bumil.

Manfaat air ketuban benar-benar sangat terpenting menjadi pelindung yang akan meredam janin dari trauma karena bentrokan. Akan tetapi dalam beberapa masalah kehamilan, ada sekian banyak ibu hamil yang malah cuma mempunyai dikit air ketuban. Keadaan ini membuat perut ibu hamil merasa sakit jika janinnya bergerak.

Dokter spesialis obstetri serta ginekologi dari Brawijaya Women and Children Hospital (BWCH), Tirsa Verani menyampaikan, salah satunya pemicu sekurang-kurangnya air ketuban karena terjadinya pecah ketuban awal atau kebocoran kantung ketuban. Keadaan ini membuat air ketuban merembes dikit demi sedikit.

“Karena merembas, air ketuban lama kelamaan akan menyusut, bahkan juga dapat sampai habis. Keadaan ini dapat berlangsung karena faktor-faktor, diantaranya karena keputihan yang abnormal, hingga menyebabkan terjadinya kontraksi serta pecah ketuban awal, ” jelas Tirsa Verani di Jakarta, belakangan ini.

" Jadi mungkin itu keputihan. Keputihan mengakibatkan air ketuban merembes dengan cara sedikit-sedikit serta sering bumil tidak sadar jika air ketubannya merembes, " papar dr Tirsa, dalam diskusi. Healthy Skin and Happy Pregnancy yang diselenggarakan di Brawijaya Women and Children Hospital, Jl Taman Brawijaya II, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, seperti ditulis Minggu (19/4/2015).

Simak juga : ‎ Bumil Susah Kontraksi Karena Janin 'Belum Ditengok Bapaknya', Bener Tidak Sich?

dr Tirsa memperingatkan bumil supaya tetap siaga bila ada cairan yang keluar dari vagina. Cairan yang keluar dapat karena keputihan, cairan kencing atau urin serta juga bisa air ketuban. Karena diperlukan kontrol dokter atau bidan untuk mencari sebabnya.

Ke-2, air ketuban bumil dikit dapat juga berlangsung karena ada kelainan pada organ janin. Untuk yang satu ini, dokter mesti lakukan kontrol menyeluruh lewat ultra sonografi (USG) untuk lihat ada peluang kelainan organ pada janin.

No comments:

Post a Comment

 

Popular Posts

Tags