Powered by Blogger.

Tidur Telentang Berbahaya Bagi Ibu Hamil

Wednesday, June 21, 2017

Kebanyakan orang memiliki posisi tidur favorite, namun waktu hamil mesti lebih memerhatikan posisi tidur yang baik untuk kesehatan. Nah, posisi telentang adalah satu diantara posisi tidur yang kerap dipertanyakan keamanannya.

Sesungguhnya walau tidur telentang condong aman serta tidak menyebabkan problem serius pada kehamilan, namun peluang besar sesudah sebagian menit, ibu hamil bakal terbangun dari tidurnya. Sebab posisi tidur seperti ini, bakal bikin tidak nyaman untuk ibu hamil terlebih sesudah melalui kehamilan trimester pertama.



Menyebabkan Desakan pada Perut

Tidur telentang pada ibu hamil bisa bikin usus serta pembuluh-pembuluh darah besar tertekan oleh beban dari rahim yang diisi janin, serta bersamaan perubahan janin, keadaan ini bakal makin jadi tidak nyaman karena dampak makin besarnya desakan yang didapatkan.

Desakan itu bisa mengakibatkan sebagian masalah yakni ;
Masalah pernafasan.
Sakit punggung.
Masalah pencernaan.
Wasir.
Desakan darah rendah.
Turunkan aliran ke jantung serta bayi.
Posisi Tidur yang Disarankan
Bila ibu hamil terbangun dari tidurnya dengan posisi telentang, tidaklah perlu cemas. Cukup ganti saja posisi tidur ibu hamil pada posisi yang paling baik, yakni miring ke arah kiri dengan menekuk lutut.

Dengan posisi berbaring ke arah kiri, bakal tingkatkan jumlah darah serta nutrisi yang meraih plasenta serta janin. Ibu hamil dapat juga menyimpan bantal di antara ke-2 kakinya supaya bisa tidur tambah nyaman.

Terkecuali tidur telentang, ibu hamil juga butuh hindari tidur tengkurap. Karna, sisi perut alami pergantian fisik yang bikin ibu hamil kesusahan tidur dengan tumpuan perut.

Mengetahui Kesusahan Tidur yang Kerap Dialami

Lumrah bila ibu hamil kerap alami kesusahan tidur sepanjang kehamilannya. Baik sulit tidur waktu hamil muda atau sulit tidur waktu hamil tua. Penyebabnya intinya yaitu ukuran janin pada rahim yang selalu jadi membesar hingga ibu hamil kesusahan temukan posisi tidur yang nyaman. Penyebabnya lain yang menyebabkan ibu hamil alami kesusahan tidur diantaranya :

Penyebabnya lain yang menyebabkan ibu hamil alami kesusahan tidur diantaranya :

Kram pada kaki serta sakit punggung Bertambahnya berat tubuh sepanjang hamil bisa menyebabkan rasa sakit, sebab berlangsung penambahan desakan pada kaki serta punggung. Diluar itu, ada juga produksi hormon relaksin yang satu diantara dampaknya yaitu untuk menolong menyiapkan kelahiran dengan melemaskan ligamen. Cuma saja hormon itu bisa kurangi keseimbangan ibu hamil serta hingga gampang alami cedera, terlebih dibagian punggung.
Kerap buang air kecil Pada ibu hamil, ginjal bekerja lebih keras untuk menyaring volume darah yang bertambah. Sistem ini yang lalu hasilkan semakin banyak air kencing. Bersamaan penambahan berat janin serta ukuran rahim, desakan pada kandung kemih juga ikut bertambah hingga ibu hamil jadi seringkali buang air kecil.
Masalah pencernaan Biasanya ibu hamil alami masalah lambung. Satu diantara yang kerap dikeluhkan, saat berlangsung refluks yakni saat asam lambung naik kembali pada kerongkongan serta mengakibatkan iritasi, yang bisa menyebabkan keluhan nyeri ulu hati atau sensasi terbakar di dada sampai kerongkongan. Hal semacam ini dikarenakan kerja system pencernaan ibu hamil melambat. Tidak cuma refluks, keadaan itu dapat juga menyebabkan mulas serta sembelit.
Jadi, baiknya cermati kembali posisi yang nyaman serta aman untuk ibu hamil ketika tidur. Bila sepanjang kehamilan alami masalah tidur, termasuk juga kesusahan memastikan posisi tidur, disarankan untuk selekasnya menghubungi dokter untuk memperoleh anjuran yang pas.


ARTIKEL TERKAIT
Gerakan Senam Hamil di Tempat tinggal ini Gampang Dikerjakan Kesehatan Gerakan Senam Hamil di Tempat tinggal ini Gampang Dikerjakan
Amankah Terkait Sex Waktu Hamil? Keluarga Amankah Terkait Sex Waktu Hamil?
Hamil 4 Bln. : Gerakan Bayi Mulai Merasa Keluarga Hamil 4 Bln. : Gerakan Bayi Mulai Terasa
Sinyal tanda Melahirkan Telah Dekat Keluarga Sinyal tanda Melahirkan Telah Dekat
Nyatanya Ini Penyebabnya Menstruasi Tidak Lancar Kesehatan Nyatanya Ini Penyebabnya Menstruasi Tidak Lancar
Lebih Lanjut
Menginginkan ajukan pertanyaan pada dokter?

Atau menginginkan sharing pengalamanmu?

Tanya
DISKUSI TERKAIT
Menginginkan ajukan pertanyaan pada dokter? Atau menginginkan sharing pengalamanmu?

Bertanya Dokter


Bayi sulit tidur dikasur
By Ddi Aryad
Dok anak saya umur 11 minggu. Sdh nyaris 2 minggu ini jika siang anak saya gak ingin tidur dikasur. Maunya digendong. Setiap
1 Balasan
6 hari yang lalu
Dijawab oleh Dokter

Belajar hingga larut apakah efisien?
By Andi
Halo, Dok ingin bertanya nih.. Sesungguhnya apakah dampaktiv dok bila seseorang pelajar belajar hingga larut malam? Bukannya malam waktunya Istirahatkah
1 Balasan
7 hari yang lalu
Dijawab oleh Dokter

Posisi tidur untuk bumil
By Tyaibrahim
Bgmn dok posisi tidur yang baik buat saya yg hamil 9minggu. Saya saat tidur miring ke kanan & perut diberi ganjal

No comments:

Post a Comment

 

Popular Posts

Tags